Kawal Pendidikan

Tentang Kami

Kawal Pendidikan merupakan sebuah gerakan dari masyarakat sipil untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Gerakan ini memberdayakan dan melibatkan masyarakat sipil dan berbagai kelompok yang memiliki perhatian pada dunia pendidikan agar dapat mengawal kebijakan pendidikan, baik di tingkat Pusat dan Daerah.

Gerakan ini diawali oleh ‘Warga Cornell untuk Indonesia’ yang melihat bahwa kualitas pendidikan kita masih sangat memprihatinkan. Pertanyaan utama yang muncul dan menantang sebagai warga akademisi yang telah tercerahkan oleh pendidikan adalah bagaimana sebagai warga negara Indonesia mereka dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan kita?

Beberapa tokoh pendidikan, akademisi dan praktisi pendidikan, seperti Fasli Jalal, H.S. Dillon, Melly G. Tan, alumnus Cornel University, Onno Center, Pantaudata, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), dan masyarakat sipil yang tergabung dalam Indonesia Network on Urbanisation (INU), Yayasan Cahaya Guru dan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP) menginisiasi gerakan kawal pendidikan.

Gerakan ini diharapkan dapat diikuti oleh semua pemangku kepentingan pendidikan, mulai dari orang tua, guru, lembaga swadaya masyarakat, dan berbagai macam organisasi yang memiliki keprihatinan dalam bidang pendidikan untuk terlibat dalam mengawal kebijakan pendidikan di daerahnya.

Mengawal kebijakan pendidikan di daerah sangat penting karena dengan adanya otonomi daerah, banyak kebijakan pendidikan didesentralisasi dan dikelola oleh Pemerintah Daerah. Karena itu, peranan masyarakat di daerah untuk mengawal kebijakan pendidikan di daerahnya menjadi sangat penting.


onnocenter
inu
wargacornell
katapedia
cahaya_guru
Smeru-Big-Logo