Kawal Pendidikan

Information

This article was written on 06 Aug 2016, and is filled under Berita Pendidikan.

Tiga BUMN sinergi Program Siswa Mengenal Nusantara

Tiga BUMN sinergi Program Siswa Mengenal Nusantara

Bandarlampung (ANTARA News) – Tiga BUMN yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII), dan Perum Damri secara bersama-sama menjalankan “Program Siswa Mengenal Nusantara” di Provinsi Lampung, sebagai implementasi kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri 2016”.

Humas PTPN VII Lampung Andi, di Bandarlampung, Rabu, menginformasikan, pelaksanaan Program Siswa Mengenal Nusantara itu diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan ini kembali dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada 20 pelajar SMU/SMK kelas XI pada setiap provinsi yang secara proporsional mewakili kota/kabupaten.

Peserta dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu untuk mengenal Keanekaragaman budaya, pendidikan serta “entrepeneurship” provinsi lain.

Khusus untuk Provinsi Lampung, pemilihan dilakukan oleh WIKA bersama-sama dengan PTPN VII dan Perum Damri melalui sistem seleksi, tes tertulis, dan tes wawancara akhir bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat provinsi.

Berdasarkan kriteria (persyaratan) antara lain, aspek pengetahuan, potensi kepemimpinan, dan motivasi dalam mengikuti program.

Adapun provinsi yang menjadi tujuan 20 siswa terpilih tersebut adalah Provinsi Papua.

Selama melakukan studi banding di Papua, 20 siswa tersebut akan didampingi oleh tiga orang pendamping yang terdiri atas satu orang dari Dinas Pendidikan Lampung dan dua orang guru teladan dari Lampung.

Sedangkan untuk program serupa di Provinsi Lampung sendiri, WIKA bersama Perum DAMRI, dan PTPN VII mengapresiasi kedatangan rombongan dari Papua dengan komposisi yang sama, 20 siswa terpilih bersama tiga orang pendamping.

Melalui program berkelanjutan ini, diharapkan para generasi pelajar penerus bangsa Indonesia dapat semakin mengenal budaya Nusantara dan menjadi generasi muda calon penerus Bangsa.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/576688/tiga-bumn-sinergi-program-siswa-mengenal-nusantara