Kawal Pendidikan

Information

This article was written on 06 Aug 2016, and is filled under Berita Pendidikan.

Anies Baswedan tak Akan Tinggalkan Dunia Pendidikan

Anies Baswedan tak Akan Tinggalkan Dunia Pendidikan

JAKARTA,(PR).- Meskipun diturunkan dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengaku tetap akan berkiprah di dunia pendidikan. Mantan rektor Universitas Paramadina tersebut mengatakan, ia akan melanjutkan perjuangannya di bidang pendidikan yang memang sebelumnya telah ia geluti.

“Kami sekeluarga selama ini ikut iuran pendidikan (berkegiatan di bidang pendidikan-red) di luar pemerintahan. Lalu kemudian dipercaya untuk bekerja dalam pemerintahan. Sekarang kami pamit untuk meneruskan ikhtiar itu lagi,” ujar Anies saat berpamitan dengan pejabat dan para pegawai lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari terakhirnya menjabat sebagai Mendikbud, Rabu 27 Juli 2016 sore.

Anies dikenal sebagai sosok yang menginisiasi program Kelas Inspirasi pada 2012. Program ini merupakan gerakan yang melibatkan orang dari berbagai profesi untuk mengajar selama satu hari di sekolah dasar. Inisiatif ini memacu orang untuk memahami kondisi pendidikan di lapangan, dan berbagi insiprasi pada generasi muda.

Pria yang juga dinobatkan sebagai salah satu dari 500 Muslim berpengaruh di dunia oleh Royal Islamic Strategic Center, Yordania, itu juga merupakan pendiri Indonesia Mengajar. Ia mendirikan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar pada tahun 2010. Melalui gerakan ini ia mengirimkan pengajar muda untuk mengajar di sejumlah SD yang ada di daerah terpencil.

Anies Baswedan setelah 20 bulan masa kerjanya di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, harus lengser dari jabatannya setelah terkena perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo, Rabu 27 Juli 2016. Anies digantikan oleh Muhadjir Effendy yang sebelumnya adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Malang

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/07/27/anies-baswedan-tak-akan-tinggalkan-dunia-pendidikan-375917